Sunday

Membuat gambar dengan efek angin dengan photoshop

( Click all images to zoom !! )

Buka aplikasi Photoshop.
Buat Field atau Project  baru, bisa dengan shortcut  (Ctrl + N) dengan ukuran width = 1200 px, height = 500 px dan backgroundnya pilih transparent.

Kemudian nanti pastikan warna background atau latar belakang pada layer atau project atau kanvas anda hitam, jika tidak ketik huruf (D) pada keyboard.
Setelah anda tekan huruf (D), lalu tekan (alt + backspace) Pada keyboard, maka warna background akan berubah menjadi hitam. Jika tidak bisa, anda bisa menggunakan cara yang manual untuk member  warna hitam pada layer.

Kemudian buat tulisan atau teks  dengan Type Tools, beri arna teksnya dengan warna putih, dan pastikan berada pada tengah-tengah layer,  dengan ukuran teks atau font size 90 pt karena ini sangat penting. Ukuran ini agak besar karena gambar disesuaikan dengan contoh yang kita gunakan.

Gabungkan kedua layer dengan menekan "ctrl + shift + E" secara bersamaan. Kemudian kita akan blur layer.  Klik pada menu utama, Filter-> Blur-> Gaussian Blur, dengan radius 2 pixel.

Setelah efek blur diperoleh, kita  akan mengkonversi teks ke solarize, cara membuatnya Filter-> Stylize-> Solarize. Lalu buatlah duplikat layer dengan menekan "ctrl + A" maka layer akan diduplikat sendiri.

Dari sini kita akan bekerja dengan layer baru yang digandakan tadi (layer 1 copy). Buat layer baru untuk untuk diberi polar coordinates, menunya ada di Filter-> Distort-> Polar Coordinates, jangan lupa untuk memilih "Polar to Rectangular".

Selanjutnya cari menu Image-> Image-rotation> 90 CW, maka teks akan berputar 90 derajat.

Dan balik layer ini atau tekan (Ctrl + i), beri efek angin dengan wind, menu di Filter -> Stylize -> Wind, dengan metode: direction: from the right, lalu tekan tombol (F) dua kali untuk iterasi dari proses ini. Lalu tekan (Ctrl + Shift + L) untuk membuat jelas warnanya, lalu tekan lagi (Ctrl + i) untuk kembali ke menormalkan layernya dan kemudian tekan (Ctrl + F) tiga kali berturut-turut. Setelah proses ini selesai, kembali ke kanvas dan pilih Image -> Image Rotation -> 90 CCW, lihat screenshot setelah kembali ke kanvas.

Lalu cari menu  Filter -> Distort -> Polar Coordinates, klik pada tombol radio button pilih "rectangular to polar" (tidak sama dengan yang pertama).

Setelah di sini, tarik layer pertama ke urutan di bawah bagian atas palet layer. Kemudian klik menu drop, berubah dari "normal" menjadi "screen". Dari sini hasilnya mulai terlihat, gabungkan lapisan kedua dengan menekan (Ctrl + Shift + E) pada keyboard. Untuk mempercantik, cari menu Image -> Adjustments -> Hue / Saturation. Jangan lupa untuk periksa dulu Colorize (dicentang secara default) dan beri warna sesuai dengan selera Anda.

dan lihat hasilnya:

Semoga bermanfaat :)

Ditulis Oleh : Soni Widiyanto ~ i-SkyNet News

SoNi Sitez Sobat sedang membaca artikel tentang Membuat gambar dengan efek angin dengan photoshop. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: Get this widget ! ::

Related Posts:

6 comments:

CARI UANG said...

I like it, very educational.

DWI YULIANTO | THE-XP said...

waw nice tutor..link exchange with me :)
absen malam disini :)

Admin said...

@ CARI UANG: Ok :)
@ The Xp: Sudah Kakak :)

DWI YULIANTO | THE-XP said...

wah asik nih sobat...ane juga lagi belajar PS nih..masih newbie sob... :)
absen malam disini...mari silaturahmi sobat :)

Admin said...

Ok sobat :)

Outbound di malang said...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
[-[ Source © Copyright by: i-SkyNet Corp. ]-]