Monday

Cara setting domain di blogger atau blogspot menggunakan cpanel

Untuk Mengganti domain Blogspot atau Blogger ke domain sendiri atau custom nama domain pada blogspot telah mengalami perubahan, saya beberapa waktu yang lalu sempat bingung ingin mengganti domain blogger saya dengan Cpanel yang saya miliki. Yang lebih dahulu yaitu kita diharuskan untuk memverifikasi otoritas (kepemilikan) nama domain dengan menggunakan kode khusus (Token) yang diberikan oleh Blogger. Namun masalah lain muncul, saya coba masukkan domain i-skynet.com saya tetapi tidak muncul tulisan otoritas atau penulisan yang berwarna merah itu, bagaimana menyelesaikannya???.
Jika Anda membeli nama domain melalui Blogger, tidak ada masalah dalam pengaturan itu karena Blogger secara otomatis mengkonfigurasi CNAME. Namun jika Anda membeli nama domain secara terpisah, Anda harus secara manual mengkonfigurasinya. Pada posting kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara seting custom nama domain di Blogger.com dengan menggunakan Cpanel anda.

Untuk custom domain pada blogspot, Anda harus mengikuti 3 langkah utama, yaitu:

1. Menambahkan custom domain di Blogger
2. Mengubah pengaturan DNS (Domain Name System)
3. Update Pengaturan Blogger


Langkah 1: Menambahkan custom domain di Blogger

1. Login ke Blogger.com
2. Pilih blog yang akan anda ganti dengan domain baru anda
3. Pergi ke Setelan > Dasar
4. Pada bagian "Penerbitan >> Alamat Blog" klik "Tambahkan domain khusus"
5. Sekarang pada bagian "Setelan lanjutan" ketik URL nama domain baru Anda menggunakan awalan "www" ingat jangan sampai ini lupa.
6. Klik "Simpan". Kemudian blogger akan menampilkan error ini "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 13." atau "We have not been able to verify your authority to this domain. Error 13. Please follow the settings instructions."
7. Eiiiitss tunggu dulu ini yang saya maksud membuat saya sangat bingung, ketika saya masukkan domain baru saya ternyata malah tidak ada error sama sekali, saya sempat pusing mencari tokennya, namun selidik punya selidik token itu ternyata ada pada link "Petunjuk Setelan" Lihat gambar screenshoot yang saya lingkari, nah klik link tersebut untuk mengetahui token anda, Berikut dibawah saya perlihatkan gambar tokennya juga.

8. Simpan token tersebut, atau anda buka ditab lain juga tidak masalah, mari kita lanjutkna.

Langkah 2: Mengubah pengaturan DNS (Domain Name System)

1. Login ke Cpanel situs web anda.
2. Cari pengaturan "Advanced DNS Zone Editor".
3. Tambahkan dua CNAME berikut:
CNAME
Pertama:
Untuk Host Name, Name, Label atau Host, masukkan "www" tanpa tanda kutip dan Untuk Address, Destination, Target atau Points, masukkan "ghs.google.com" tanpa tanda kutip.
CNAME Kedua (Sebagai verifikasi kepemilikan domain):
Untuk Host Name, Name, Label atau Host, masukkan token kode 1 yg muncul pada halaman error tadi, contoh: "WPBSRNQD7FGO".
Untuk Address, Destination, Target atau Points, masukkan token kode 2, contoh: "gv-HXCJAL6AOE43C6T5LSUVVUN5TUYN5JG7674HPLWO5MKBSVHQTZXA.domainverify.googlehosted.com" .
Atau jika tidak mengalami error seperti yang saya bilang tadi, sudah tahukan letak token anda?? Pasti taulah lihat langkah pertama nomor 7 makanya rajin membaca Bung. Wkwkwkwkk.
4. Sekarang tambahkan A-records. jika anda sudah memiliki A-Record, silahkan di edit saja. Jika A-Record belum ada, silahkan tambahkan 4 alamat IP yang mengarah ke Google berikut ini:

    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21


Untuk "Host Name" masukan nama domain Anda tanpa "www" atau dikosongin aja. Contohnya: i-skynet.com. Dan hasil dari langkah-langkah diatas seperti gambar di bawah:





5. Simpan pengaturan dan tunggu beberapa menit untuk pembaharuan semua pengaturan domain Anda.

Langkah 3: Update Pengaturan Blogger

Langkah terakhir adalah setting di pengaturan blogger Anda.
1. Login ke Blogger
2. Klik Blog Anda
3. Klik Setelan Dasar => Tambahkan domain khusus => Alihkan ke setelan lanjutan
8. Masukkan nama lengkap domain anda dengan "www", kira-kira hasilnya seperti yang saya tampilkan screen shoot dibawah ini. Centang pilihan "Alihkan i-skynet.com ke www.i-skynet.com." sesuai dengan domain anda tentunya, hasilnya seperti gambar dibawah ini dan klik Simpan.



Pengaturan sudah selesai. Jika masih menampilkan pesan error "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas....", tunggu beberapa jam, kemudian ulangi lagi menambahkan nama domain Anda pada pengaturan Blogger. Jika sudah berhasilpun biasanya propagarasinya membutuhkan waktu 24 jam jadi tunggu dengan sabar ya sampai domain anda benar-benar di redirect dan dihost google. Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Anonymous ~ i-SkyNet News

SoNi Sitez Sobat sedang membaca artikel tentang Cara setting domain di blogger atau blogspot menggunakan cpanel. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: Get this widget ! ::

Related Posts:

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
[-[ Source © Copyright by: i-SkyNet Corp. ]-]